tentang karimunjawa

SEKILAS KARIMUNJAWA

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan dengan luas 111.625 ha yang secara administratif termasuk kecamatan dari wilayah kabupaten Jepara. Kepulauan ini merupakan Kawasan Perlindungan Laut (KPL) berstatus Taman Nasional Laut. Dari jumlah pulau 27 buah yang berpenghuni hanya 5 pulau, yaitu Karimunjawa / Karimun Besar (luas 4302.5 ha), Kemujan (luas 1501.5 ha), Parang (luas 690 ha), Nyamuk (luas 125 ha) dan Genting (luas 135 ha). Kepulauan Karimunjawa mempunyai pesona panorama alam murni yang menakjubkan.
Secara garis besar fauna yang ada di Kepulauan Karimunjawa terdiri dari dua kelompok, yaitu :

  1. Daratan : Rusa, kera ekor panjang, Trenggiling, Landak, Ular, Bangau Tong tong, Bangau Abu-abu, Elang laut dan Wedi-wedi. Salah satu satwa langka yang dapat dijumpai di kepulauan ini adalah burung elang laut perut putih.(terdapat lebih dari 40 jenis burung)
  2. Perairan : Terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu dan ikan hias. (terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 genera fauna akuatik)
Keindahan alam bawah laut baik terumbu karang maupun ikan hias, hamparan pantai pasir putih, atraksi wisata air (banana boat, kapal kaca, dll), akuarium air laut, keramahtamahan penduduknya yang multietnis (suku Jawa, Madura, dan Bugis Makasar) dengan segala adat budaya dan atraksi wisata yang beraneka ragam menjadikan Kepulauan Karimunjawa sungguh suatu potensi wisata yang sangat memikat.
Untuk waktu berkunjung terbaik di Karimunjawa berkisar antara bulan April sampai dengan Oktober. Karena pada musim barat yang biasanya jatuh pada bulan November sampai Maret, keadaan cuaca sering tidak mendukung bagi kegiatan pelayaran dan wisata.

Dengan berkembangnya sebagai kawasan pariwisata,di Karimunjawa sendiri telah tersedia bermacam penginapan sebagai fasilitas pendukung baik homestay, hotel/guest house/wisma kelas menengah maupun resort mewah. Bagi anda yang pernah ke Karimunjawa pasti tidak asing dengan nama-nama penginapan seperti: Homestay Hamfah, Wisma Apung, Duta Karimun, Wisma Wisata, Karimunjawa Inn, Laguna Inn, Escape Beach, Dewadaru Resort, Nirwana Lodge atau mungkin Kura-Kura Resort. Tentu saja semuanya mempunyai fasilitas dan keunggulan masing-masing.
0 Responses

Posting Komentar